Wikipedia:ProyekWiki pambagian administratif di Indonesia/Diskusi

Wikipedia Minangkabau - Lubuak aka tapian ilimu
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sanak sekalian, apakah Sanak ingin min.wp mancapai 100.000 artikel sabalun akhir taun ini?



Seperti nan sudah saya utarakan di atas, hal itu dapek dilakukan dengan relatif mudah, dek informasi sensus Indonesia dan sekitar 100.000 ribu pambagian administratif di Indonesia sudah tersedia dari situs-situs pamarentah Indonesia. Dokumen nan paliang pantiang nan sudah saya muat di id.wikisource adolah Master File Desa (MFD). Berhubung masih berbentuk PDF, mako masih paralu diekstrak datanya dan dibersihkan. Tapi saya yakin dengan bantuan sanak sekalian kita dapaik melakukannya. Informasi selengkapnya beserta langkah-langkahnya akan menyusul.

Langkah-langkah[suntiang sumber]

Menurut pendapat saya, kita dapaik mulai dari duo hal nan paliang penting, iyolah daftar artikel nan akan dibuat, dan satu laman contoh (prototipe), nan dikembangkan bersama-sama. Misalnya: Dalam suatu artikel desa, apa sajo informasi nan harus ada, nan dapaik berguna bagi para pembacanya. Sama halnya dengan artikel kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, provinsi, dan seterusnya. Untuk daftar artikel, dapaik saya buatkan, untuak kelengkapan artikel, komunitas paralu rundingkan. ‑Bennylin dialog 11.57, 19 Pebruari 2013 (WIB)

Saya memiliki data poskod lengkap desa dan bandar di Indonesia, tetapi tanpa maklumat penduduk dan kordinate peta. Terdapat 76,441 data. Sesiapa berminat boleh menghubungi saya selepas pesertanya ada. Jika ada maklumat sensus lain boleh berikan pada saya dan boleh digabung sekali seboleh mungkin. Maklumat itu telah saya aturkan agar tiada nama bertindan. Yosri (maota) 19 Pebruari 2013 14.04 (WIT)
Bagaimana dengan data Lebuh Raya kat Malaysia? Akan sangat senang bila dapat ditambahkan pula. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   19 Pebruari 2013 14.11 (WIT)
Apakah koordinat peta sesuatu yang harus ada, sanak sekalian? Bagaimana kita bisa memeriksa benar atau tidaknya setiap koordinat? Alampalayam koordinatnya menunjuk ke tempat di Ghana, Alangudi juga sama. ‑Bennylin komunikasi 14.35, 19 Pebruari 2013 (WIB)
di Alampalayam saya membaca bahwa sumbernya dari en.wp? en:Alampalayam artikelnya lebih pendek, dan peta serta koordinatnya berbeda. bpy:আলমপালায়াম, new:अलमपलयम, serta ta:ஆலம்பாளையம் juga memiliki isi yang berbeda-beda, tidak satu pun yang mencantumkan koordinat, selain ms:Alampalayam yang juga mencantumkan koordinat yang salah (koordinat Ghana). Saya jadi bertanya-tanya, dari mana koordinat itu? Berapa banyak artikel yang memiliki kesalahan itu di min.wp dan ms.wp? ‑Bennylin omong 14.42, 19 Pebruari 2013 (WIB)
Sekadar penjelasan, koordinat peta belum siap, hanya 40 rencana terawal di MS baru diletakkan. Yang tiada titik merah, mengandungi koordinate standard di luar India, di Minang, hanya rencana pertama memiliki koordinate. Rancangan awal, saya menggantung pembetulan koordinate di MS kerana ingin meletakkan rencana di Minang dan kemudian dibetulkan secara serentak. Penghasilan rencana melalui mailmerge sukar meletak koordinate kerana tiada data, perlu dicari secara manual. Mengenai berapa rencana yang pending diperbetulkan koordinate 169 di Minang + 4,890 di MS + 2 di Bugis. Untuk memeriksa koordinate, pergi ke rencana Inggeris, pilih paparan peta, pilih Google Map dan salin koordinate. Salin kembali ke laman Minang/MS. Memandangkan ini merupakan projek jangka panjang saya anggar pembetulan akan memakan masa 5059 rencana * 5 minit = 25,295 minit full time. Atau realistik 5059 / 30 pembetulan sehari = 168 hari. Yosri (maota) 19 Pebruari 2013 18.55 (WIT)
Silakan dibetulkan dulu di ms.wp. Kami akan menunggu Anda 168 hari lagi. ‑Bennylin negosiasi 23.28, 19 Pebruari 2013 (WIB)
Saya sedang menutup buku projek di sini dahulu. Yosri (maota) 20 Pebruari 2013 00.43 (WIT)
Saya telah tamat membaiki rencana, dan ia sudah lengkap dengan koordinate peta, malah lebih lengkap berbanding di WBM. Anggaplah ini sebagai hadiah "house warming" dari saya. Salam maju jaya dari saya. Yosri (maota) 20 Pebruari 2013 20.27 (WIT)
👍Suko Mokasih Sanak Yosri untuak adiah "salamatan masuak rumah baru"-nyo. Salam, Naval Scene (maota) 21 Pebruari 2013 10.37 (WIT)

Sy tdk setuju, sebab kebanyakan artikel desa itu tdk ado isinya, biasanya hanyo 2-3 kalimat saja. Itulah yg mambuek sy tdk nio membikin artikel desa. Sy tak nio nasib Wikipedia Minang iko samo dgn WPID/WPMS. --Adi.akbartauhidin (maota) 21 Pebruari 2013 08.59 (WIT).

Nasib? Rencana pendek kerana tidak ramai yang menyumbang. Tak perlu komen jika tidak mahu rencana pendek. Sila terus menyumbang, jangan sekadar komen tidak setuju tetapi tiada sumbangan. Yosri (maota) 21 Pebruari 2013 10.15 (WIT)
Betul apa kata adinda Adi Akbar, artikel desa sepintas seperti artikel yg tidak ada isinya, namun tahukah dinda bahwa salah satu artikel terpanjang di Wikipedia bahasa Inggris awalnya dibuat juga dengan hanya beberapa kalimat? Bahkan.. Artikel terpanjang di WBI, awalnya dibuat hanya berisi satu kata saja. Disinilah hebatnya Ensiklopedia bebas, siapapun dapat menambahkan informasi pada sebuah artikel hingga artikel tersebut semakin lama akan semakin besar dan panjang. Demikian pula dengan artikel desa. Seseorang (baik anon maupun pengguna lain) yang menemukan ada artikel desanya pada Wikipedia, akan dengan senang hati menambahkan informasi2 tambahan mengenai desa tempat tinggalnya. Misalnya saja nama kepala desanya. Atau mungkin menambah foto situasi desanya, atau info2 lain berkaitan desanya tersebut. Hingga pada suatu masa, artikel desa tersebut tidak lagi masuk pada kategori artikel rintisan. Saya yakin itu. Jadi saran kepada adinda Adi, apabila menemukan anon menyunting artikel desa, jangan dihapus (di revert/kembalikan), tapi perbaikilah (mungkin posisi letak info tambahan tersebut kurang tepat), karena dapat dipastikan anon tersebut menambahkan info yg dia ketahui persis tentang desanya (ngapain juga orang menyunting artikel desa, kalau bukan memang tinggal di desa/kelurahan tersebut). Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   21 Pebruari 2013 11.14 (WIT)
Adapun, nasib yg mau sy bicarakan di sini, adalah bagaimana pengembangan artikel desa tersebut. Misal, suatu ketika, ada nanti yg menambahkan foto perihal keadaan desanya, tapi tdk ada lisensinya. Kemudian, sy melihat di Wikipedia Bahasa Indonesia itu, mereka menjadikan WPID layaknya kantor polisi dan blog. Ada yg menulis (sy masih ingat sedikit) "Tolong, kepala desa kami korupsi. Jadi, tlg tangkap mereka, pak polisi." Apa tandanya, kalaupun artikel desa itu dikembangkan, pasti akan dikembangkan sebagai artikel dgn nuansa blog atwpun laporan kpd pak polisi. Toh, sy pikir tdk ada sejarahnya artikel desa berhasil jadi AP.
Nah kalau memang suntingan buruk, kembalikan saja. Koq repot? Mengapa harus berharap artikel desa menjadi AP? Bisa disebut bukan artikel rintisan saja sudah prestasi yang luar biasa rasanya. Oya, banyak koq di wiki-id artikel desa yang sudah layak untuk tidak disebut lagi artikel rintisan. Dan itu kebanyakan dikembangkan oleh anon (dengan bantuan pengguna terdaftar pada finishing-nya). Soal foto tanpa lisensi pada artikel desa, jika itu foto utk desa tersebut (panorama desa misalnya), dapat dipastikan itu adalah foto hasil jepretan sendiri. Tinggal diminta pada yang bersangkutan untuk mencantumkan lisensinya (misalnya GFDL atau PD-Self/DU-Sendiri), sambil diarahkan untuk mempelajari penggunaan lisensi. Dengan itu adinda bisa menambah pahala dengan menyebarkan ilmu mengenai lisensi pada pengguna baru. Bukan begitu? Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   21 Pebruari 2013 18.18 (WIT)

@Yosri:Sy sudah sumbang sedikit pengembangan artikel, misal Templat:Taxobox. Sy minta kpd pengurus, 'tuk memperbaiki templat itu? Tapi, mana? Tak ado bukti pengembangannya. --Adi.akbartauhidin (maota) 21 Pebruari 2013 15.43 (WIT)

Adinda menunjuk hidung saya (pengurus}? Mengapa tidak ke halaman pembicaraan saya? Karena kalau disampaikan di Kadai Kopi (apalagi tanpa spesifikasi ke pengurus) siapa saja bisa membantu khan? Itu, pengguna Yosri sudah menambah 64 templat penunjang (tapi masih kurang/belum berhasil) karena setahu saya, dari 64 templat tersebut, masih perlu pula masing2nya templat penunjang tersendiri. Bisa anda bayangkan berapa templat yang dibutuhkan seandainya 64 templat tersebut butuh 2 atau 3 templat penunjang untuk masing2nya. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   21 Pebruari 2013 17.51 (WIT)
Alah tu pak. :D SpartacksCompatriot (maota) 21 Pebruari 2013 18.02 (WIT)
Maafkan saya jika terlanjur kata. Wikipedia adalah laman sukarela, oleh itu peserta tidak boleh dipaksa melakukan sesuatu yang tidak dia tidak rela. Seperti yang saya katakan di atas, Wikipedia merupakan medium baru dan tidak ramai pengguna baru yang memahami bagaimana cara menggunakannya. Mereka fikirkan ia sama seperti forum, atau facebooks. Selain itu mereka menganggap sesuatu rencana perlu penuh dan lengkap secara segera atau terus dikondem/kutuk. Berbalik pada isu membaiki template, ia agak sukar dan rumit. Template yang anda ingin baiki kekurangan 64 template lain. Yosri (maota) 21 Pebruari 2013 16.06 (WIT)