Wikipedia:Kadai Kopi

Wikipedia Minangkabau - Lubuak aka tapian ilimu
(Dialiahkan dari Wikipedia:Lapau)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Crystal Project java.png


Salamaik datang di Kadai Kopi Wikipedia Minangkabau!


سلامءيق داتڠ د كداي كوڤي ويكيڤيديا مينڠكاباو



Iko adolah laman nan dipagunoan untuak babincang-bincang atau barunding jo batuka pikiran soal apo sajo ka sasamo pangguno Wikipedia Minangkabau. Untuak mancaliak pabincangan ataupun parundiangan lamo nan alah disimpan, caliaklah laman arsip. Jan lupo malatakkan tando tangan pado panutuik pasan Sanak jo mangetikkan tando ampek galombang (~~~~).


Hi! Welcome to Minangkabau Wikipedia's Village Pump. You don't speak Minangkabau? You can visit our Embassy page and leave a note in it's talk page or still leave a note here and we will respond as best as we can. Thanks!
Gtk-redo-ltr.svg WP:KK
Komunitas Wikipedia Minangkabau


Penundaan pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021[suntiang sumber]

Para Wikimedian yang baik,

Melalui pengumuman ini, kami ingin memberitahukan bahwa pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 akan ditunda selama dua minggu karena masalah teknis pada perangkat SecurePoll. Pada awalnya, pemilihan ini akan dimulai pada tanggal 4 Agustus. Oleh karena penundaan ini, pemilihan akan dimulai pada tanggal 18 Agustus, sehari setelah Wikimania selesai.

Untuk informasi mengenai masalah teknis yang dimaksud, silakan lihat tiket Phabricator-nya.

Kami memohon maaf atas penunndaan ini. Kami berharap untuk dapat memulai pemilihan sesuai jadwal pada tanggal 18 Agustus, dan saat ini sedang berkoordinasi dengan para calon dan Komite Pemilihan untuk menentukan langkah selanjutnya. Kami akan mengabarkan perkembangan terbaru melalui halaman pembicaraan tentang pemilihan Dewan Pengawas dan grup Telegram.

Jika Anda mempunyai pertanyaan, silakan hubungi fasilitator Strategi dan Tata Kelola Gerakan untuk komunitas Indonesia, Ramzy Muliawan.

-- MediaWiki message delivery (maota) 3 Agustus 2021 23.10 (WIB)[balas]

Kode Etik Universal - Periode peninjauan Rancangan Panduan Penegakan[suntiang sumber]

Komite Perumus Fase 2 meminta pendapat, pandangan, dan komentar mengenai Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal (UCoC). Periode peninjauan ini akan berlangsung dari 17 Agustus hingga 17 Oktober 2021.

Sukarelawan dari komunitas Wikimedia dan staf Yayasan Wikimedia yang tergabung dalam Komite Perumus Fase 2 berkolaborasi untuk merumuskan Rancangan ini berdasarkan hasil konsultasi, diskusi, dan penelitian sebelumnya. Panduan ini masih bersifat rancangan, dan Anda dapat membantu menyempurnakannya dengan menyampaikan pandangan serta komentar sebelum 17 Oktober 2021. Komite akan menyempurnakannya selaras dengan umpan balik yang didapat dari komunitas.

Semua orang dapat berkomentar pada beberapa tempat. Para fasilitator dapat menjawab pertanyaan atau komentar dalam berbagai bahasa pada halaman pembicaraan atau melalui surel. Anda juga dapat menyampaikan pandangan pada halaman pembicaraan versi yang telah diterjemahkan, pada diskusi lokal, atau pada jam kerja terbuka dan forum diskusi virtual.

Berikut beberapa diskusi yang akan dilangsungkan dan membahas mengenai Rancangan Panduan Penegakan UCoC:

Sesi Wikimania 2021 - 16 Agustus @ 11:00 UTC - 11:45 UTC
Jam kerja terbuka - 24 Agustus, 31 Agustus, 7 September @ 03:00 UTC & 14:00 UTC
Forum diskusi virtual - 18 September @ 03:00 UTC & 15:00 UTC

Tim fasilitasi berharap periode peninjauan ini dapat diketahui dan diikuti oleh banyak komunitas dalam rangka mencapai situasi saling paham. Jika Anda melihat bahwa tidak ada diskusi yang berlangsung pada komunitas Anda, silakan untuk memulainya; para fasilitator akan membantu Anda bila perlu.

Hasil diskusi akan diringkas dan dihimpun untuk dipergunakan oleh Komite Perumus setiap dua minggu. Ringkasan hasil diskusi ini akan dipublikasikan di sini.

Jika Anda punya sebarang pertanyaan, harap hubungi Ramzy Muliawan, fasilitator untuk komunitas berbahasa Indonesia dan rantau ESEAP.

-- MediaWiki message delivery (maota) 17 Agustus 2021 21.22 (WIB)[balas]

Pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021 telah dimulai[suntiang sumber]

Periode pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 telah dimulai. Para calon yang berasal dari komunitas telah diminta untuk mengajukan pencalonan mereka. Setelah periode pencalonan selama tiga minggu, terdapat 19 orang calon untuk pemilihan tahun ini.

Anggota gerakan Wikimedia berpeluang untuk memilih anggota Dewan yang berasal dari komunitas dan organisasi mitra. Dengan menggunakan hak pilih, Anda dapat membantu mengidentifikasi orang-orang yang memiliki kualitas terbaik untuk memajukan kepentingan gerakan kita dalam beberapa tahun ke depan. Dewan Pengawas akan mengangkat empat calon dengan suara terbanyak menjadi anggotanya. Pemungutan suara akan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2021.

Dewan Pengawas bertugas untuk mengawasi Yayasan Wikimedia, dan pada pemilihan kali ini anggota Dewan yang sedang menjabat berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan keberagaman demografis para anggota. Dewan juga telah membagikan daftar bidang kepakaran yang diharapkan untuk didapatkan dari para calon anggota Dewan Pengawas yang baru.

Pelajari profil para calon. Ketahui lebih banyak mengenai Dewan Pengawas. Gunakan hak pilih Anda.

Baca versi lengkap dari pengumuman ini.

Salam hangat,

Komite Pemilihan

-- MediaWiki message delivery (maota) 18 Agustus 2021 07.52 (WIB)[balas]

Pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021 telah berakhir[suntiang sumber]

Terima kasih atas partisipasi Anda pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia! Periode pemungutan suara telah ditutup pada pukul 23.59 tanggal 31 Agustus. Hasil dan data pemilihan, termasuk empat orang calon yang mendapatkan suara tertinggi, akan diumumkan setelah Komite Pemilihan menyelesaikan proses pengecekan atas suara yang masuk. Pengumuman calon yang akan diangkat akan menyusul setelah itu, yaitu setelah para calon terpilih dikonfirmasi oleh Dewan Pengawas.

Sebanyak 6.946 anggota komunitas dari 216 proyek wiki telah menggunakan hak pilih mereka. Tingkat partisipasi secara global adalah sebanyak 10.2%, yang berarti 1.1% lebih tinggi daripada pemilihan sebelumnya. Pada pemilihan tahun 2017, sebanyak 5.167 anggota komunitas dari 202 proyek wiki telah menggunakan hak pilih mereka. Analisa yang lengkap akan diterbitkan beberapa hari setelah hasil diumumkan. Sementara itu, Anda dapat memeriksa data yang terhimpun selama proses pemilihan.

Salah satu tujuan utama dari pemilihan ini adalah untuk meningkatkan keberagaman. Pesan mengenai pemilihan Dewan Pengawas diterjemahkan ke 61 bahasa. Pendekatan ini berbuah manis: terdapat 70 komunitas dengan pemilik hak suara yang memilih untuk kali pertama. Dengan bantuan Anda, pemilihan Dewan Pengawas tahun depan akan dapat lebih baik lagi.

Salam hangat, RamzyM (WMF) 2 September 2021 14.09 (WIB)[balas]

The 2022 Community Wishlist Survey will happen in January[suntiang sumber]

SGrabarczuk (WMF) (talk) 7 September 2021 07.23 (WIB)[balas]

Call for Candidates for the Movement Charter Drafting Committee ending 14 September 2021[suntiang sumber]

Tim Strategi Gerakan mengundang Anda untuk mendaftar menjadi anggota Komite Perumus Piagam Gerakan. Periode pendaftaran dimulai pada 2 Agustus 2021 dan berakhir pada 14 September 2021.

Para anggota Komite diharapkan dapat mewakili tingkat keberagaman dalam gerakan Wikimedia. Hal ini diukur melalui faktor gender, bahasa yang dipertuturkan, geografis, dan pengalaman berpartisipasi dalam proyek Wikimedia, organisasi mitra, dan Yayasan Wikimedia.

Kefasihan berbahasa Inggris tidak diperlukan untuk menjadi anggota Komite. Jika diperlukan, jasa penerjemahan dan penafsiran akan disediakan. Anggota Komite akan mendapatkan tunjangan sebesar US$100 setiap dua bulan untuk membantu biaya keikutsertaan yang mungkin diperlukan.

Kami mencari individu yang memiliki kemampuan berikut ini:

  • Mampu menulis secara kolaboratif (pengalaman yang demonstratif adalah nilah tambah)
  • Bersedia untuk mencari jalan tengah.
  • Berfokus pada inklusi dan keberagaman.
  • Mengetahui seluk-beluk konsultasi komunitas.
  • Memiliki pengalaman komunikasi antarbudaya.
  • Memiliki pengalaman dalam tata kelola organisasi nirlaba atau komunitas.
  • Berpengalaman dalam bernegosisasi dengan pihak-pihak yang berbeda.

Komite ini diperkirakan akan beranggotakan sekitar 15 orang. Jika ada 20 calon atau lebih, akan dilangsungkan proses pemilihan dan seleksi. Jika ada 19 calon atau kurang, proses seleksi akan berlangsung tanpa pemilihan.

Mari sertai langkah maju gerakan Wikimedia! Calonkan diri Anda pada halaman ini. Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi strategy2030Templat:Atwikimedia.org.

Xeno (WMF) 11 September 2021 00.01 (WIB)[balas]

Server switch[suntiang sumber]

SGrabarczuk (WMF) (rundiang) 11 September 2021 07.45 (WIB)[balas]

Talk to the Community Tech[suntiang sumber]

ltr

Read this message in another languageTolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Hello!

As we have recently announced, we, the team working on the Community Wishlist Survey, would like to invite you to an online meeting with us. It will take place on September 15th, 23:00 UTC on Zoom, and will last an hour. Click here to join.

Agenda

Format

The meeting will not be recorded or streamed. Notes without attribution will be taken and published on Meta-Wiki. The presentation (first three points in the agenda) will be given in English.

We can answer questions asked in English, French, Polish, and Spanish. If you would like to ask questions in advance, add them on the Community Wishlist Survey talk page or send to sgrabarczuk@wikimedia.org.

Natalia Rodriguez (the Community Tech manager) will be hosting this meeting.

Invitation link

See you! SGrabarczuk (WMF) (rundiang) 11 September 2021 10.03 (WIB)[balas]

Pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan, 11 - 24 Oktober[suntiang sumber]

Salam. Ini adalah kabar terbaru dari proses perumusan Piagam Gerakan. Periode pencalonan anggota Komite Perumus telah berakhir, dan kita telah mendapatkan sekelompok calon dari ragam latar yang berbeda.

Komite ini akan beranggotakan 15 orang yang akan dipilih melalui tiga proses berbeda:

  • Pemilihan oleh komunitas untuk memilih 7 orang anggota.
  • Seleksi oleh organisasi mitra untuk memilih 6 orang anggota.
  • Pengangkatan oleh Yayasan Wikimedia untuk memilih 2 orang anggota.

Pemilihan komunitas akan berlangsung antara 11 Oktober hingga 24 Oktober. Proses lainnya akan berlangsung pada waktu yang sama, sehingga ketiga proses di atas dapat selesai sebelum 1 November.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai peran dan pembentukan Piagam Gerakan, silakan baca halamannya di Meta. Anda juga dapat menghubungi kami kapan saja melalui Telegram atau surel (wikimedia2030@wikimedia.org).

Teriring salam, RamzyM (WMF) 21 September 2021 15.52 (WIB)[balas]

Select You the question statements for candidates of Drafting Committee Movement Charter[suntiang sumber]

Into 2021-10-04 11:59:59 UTC you can select question statements for the candidates of Drafting Committee Movement Charter. ✍️ Dušan Kreheľ (maota) 30 September 2021 09.16 (WIB)[balas]

Pendapat dan komentar Anda mengenai Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal masih diterima[suntiang sumber]

Halo. Ini merupakan pengingat bahwa Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal masih menerima tinjauan dan komentar Anda. Komite Perumus akan mulai mengerjakan revisi dan pengembangan dari komentar komunitas dalam waktu kurang dari dua minggu (17 Oktober). Partisipasi Anda amat disambut baik!

Sekarang, tim kami sudah menyediakan versi pendek dan sederhana dari Rancangan Panduan Penegakan untuk memudahkan Anda mencerna dan memahaminya. Jika memungkinkan, harap bantu untuk menerjemahkannya ke dalam berbagai bahasa.

Kami juga akan menyelenggarakan sesi perbincangan terbuka terakhir pada tanggal 15 Oktober 2021, pukul 03:00 dan 14:00 UTC.

Mewakili Komite Perumus, kami ucapkan terima kasih bagi semua yang sudah berpartisipasi. Kami menunggu komentar dari Anda yang belum memberikannya; Rancangan Panduan Penegakan ini akan jauh lebih baik dengan pandangan yang Anda berikan.

Salam, RamzyM (WMF) 6 Oktober 2021 14.32 (WIB)[balas]

Pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulai[suntiang sumber]

<languages/> Pemungutan suara untuk pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulai. Secara total, 70 Wikimedian dari seluruh dunia mencalonkan diri untuk mengisi 7 kursi dalam pemilihan ini. Pemungutan suara dibuka mulai dari 12 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2021.

Komite akan terdiri dari total 15 anggota: komunitas daring mmemilih 7 anggota, 6 anggota akan dipilih oleh organisasi mitra Wikimedia melalui sebuah proses yang bersamaan, dan 2 anggota akan ditunjuk oleh Wikimedia Foundation. Komite rencananya akan sudah terbentuk pada 1 November 2021.

Salam hangat,

Kaarel Vaidla
Tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, Wikimedia Foundation
12 Oktober 2021 17.43 (WIB)[balas]

Nawala Kode Etik Universal - Edisi 4[suntiang sumber]

Nawala Kode Etik Universal
Edisi 4, Oktober 2021Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi keempat nawala Kode Etik Universal! Nawala ini mengabarkan para Wikimedian mengenai perkembangan terbaru dalam proses UCoC dan akan memuat berita, hasil penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Jika Anda belum berlangganan dan ingin mendapatkan edisi terbaru dari nawala ini, silakan untuk berlangganan di sini. Anda juga dapat meninggalkan nama pengguna Anda di sini jika Anda bersedia untuk membantu menerjemahkan nawala ini di masa depan.

  • Tinjauan mengenai Rancangan Panduan Penegakan - Periode peninjauan Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal akan berakhir pada 17 Oktober 2021, menutup periode konsultasi yang telah berlangsung selama 2 bulan. (terus baca)
  • Forum diskusi virtual dan sesi perbincangan terbuka - Forum diskusi virtual mengenai penegakan UCoC telah berlangsung pada 18 September 2021. Sesi perbincangan terbuka terakhir akan diselenggarakan pada 15 Oktober 2021. (terus baca)
  • Pemilihan Komite Perumus Piagam Gerakan - Proses seleksi dan pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulai dan akan berlangsung sampai 25 Oktober 2021. Para Wikimedian dapat memberikan suara bagi calon yang menurut mereka patut terpilih ke komite tersebut. (terus baca)
  • Arah baru untuk nawala ini - Seiring berakhirnya proses konsultasi Kode Etik Universal, tim fasilitasi sedang merancang arah baru untuk nawala ini. (terus baca)
  • Blog Diff - Bacalah terbitan terbaru mengenai UCoC pada blog Diff Wikimedia. (terus baca)

RamzyM (WMF) 15 Oktober 2021 01.25 (WIB)[balas]