Wikipedia:IPA for English

Wikipedia Minangkabau - Lubuak aka tapian ilimu
WP:IPAE
WP:IPAEN

Templat:IPAkeys Pengucapan kosa kato bahasa Inggris di Wikipedia disalurkan jo Alfabet Fonetis Internasional (IPA) mamakai transkripsi berikut, nan tidak spesifik pada satu dialek apapun. Untuk memperbandingkan simbol-simbol iko jo konvensi kamus Amerika non-IPA nan labiah Sanak kenal, lihat pengejaan pengucapan untuk bahasa Inggris, nan berisikan panduan pengucapan emapt baleh kamus bahaso Inggris nan diterbitkan di Amerika Sarikek. Untuk pengenalan dasar IPA, lihat Wikipedia:IPA/Pengenalan. Jika Sanak merasa paralu menambahkan pengejaan pengucapan, gunakan konvensi kunci pengejaan pengucapan Wikipedia.

Untuk memperbandingkan simbol-simbol iko jo konvensi kamus IPA nan labiah Sanak kenal, lihat Bantuan:Konvensi IPA untuk Bahasa Inggris, nan berisikan konvensi salapan kamus bahaso Inggris nan diterbitkan di Britania Raya, Australia, dan Amerika Sarikek. Untuk kunci IPA nan labiah lengkap, lihat Wikipedia:IPA, nan dilengkapi suara nan indak muncul dalam bahaso Inggris. Jika simbol IPA indak tertampil jo baik pado peramban Anda, lihat pautan di bawah halaman.

Memahami kunci
Kunci iko mencakup pengucapan Bahasa Amerika Umum (GenAm), Pengucapan Resmi (RP), Bahasa Inggris Kanada, Bahasa Inggris Afrika Selatan, Bahasa Inggris Australia, dan Bahasa Inggris Selandia Baru. Indak kasado pabedoan nan ditampilkan di sini relevan jo dialek Anda. Jika, misalnya, Sanak mengucapkan cot /ˈkɒt/ dan caught /ˈkɔːt/ jo caro nan sama, Sanak buliah mengabaikan pabedoan antaro simbol /ɒ/ dan /ɔː/, saroman mengabaikan pabedoan antaro vokal tatulih o dan au sangkek mengucapkannya.

Dalam babagai dialek, /r/ hanyo muncul sabalun huruf vokal; jika Sanak menuturkan dialek saroman itu, abaikan sajo /r/ pado panduan pengucapan nan indak akan Sanak ucapkan, sebagaimana pado kato cart /ˈkɑrt/. Pado dialek lain, /j/ (suara y) indak muncul sasudah /t/, /d/, /n/, dan lain-lain di suku kato nan sama; jika Sanak menuturkan dialek saroman itu, abadikan sajo /j/ pado transkripsi saroman new /njuː/.

Misalnya, New York ditranskripsikan manjadi /njuː ˈjɔrk/. Untuk sabagian gadang urang Inggris, dan sajumlah warga New York, /r/ di /ˈjɔrk/ indak diucapkan dan buliah diabaikan; untuak sabagian gadang urang Amerika Serikat, tamasuak sajumlah warga New York, /j/ di /njuː/ indak diucapkan dan buliah diabaikan.

Di sisi lain, ado sajumlah pabedoan nan muncul tetapi indak dicakup dalam kunci ini, dek jarang muncul pado kamus-kamus nan dipakai sabagai sumber artikel Wikipedia. Contoh nan ado meliputi pabedoan antaro vokal pado fir, fur dan fern dalam bahasa Inggris Skotlandia dan Irlandia, vokal pado bad dan had di sajumlah daerah di Australia dan Amerika Sarikek Timur, dan vokal pado spider dan spied her di sajumlah daerah di Skotlandia dan Amerika Utara.

Kata-kata lain mungkin mamiliki vokal babedo tergantung penuturnya. Bath, misalnya, awalnyo mamiliki vokal /æ/ saroman pado cat, tetapi bagi banyak penutur kato tasabuik kini mamiliki vokal /ɑː/ saroman pado father. Kata-kata saroman iko ditranskripsikan duo kali, satu untuak satiok pengucapan: /ˈbæθ, ˈbɑːθ/.

Markah penekanan IPA (ˈ) muncul sebelum suku kato nan ditekankan, babedo jo penandaan penekanan pado kunci pengucapan beberapa kamus yang terbit di Amerika Serikat.

(Kata-kata dalam kapital kecil adolah himpunan leksikal standar. Kata-kata dalam himpunan leksikal bath dan cloth diagiah duo transkripsi; bath jo /ɑː/ dan /æ/, dan cloth jo /ɒ/ dan /ɔː/).
Konsonan
IPA Contoh
b buy, cab
d dye, cad, do
ð thy, breathe, father
giant, badge, jam
f phi, caff, fan
ɡ (ɡ)[1] guy, bag
h high, ahead
j[2] yes, yacht
k sky, crack
l lie, sly, gal
m my, smile, cam
n nigh, snide, can
ŋ sang, sink, singer
ŋɡ finger, anger
θ thigh, math
p pie, spy, cap
r rye, try, very[3]
s sigh, mass
ʃ shy, cash, emotion
t tie, sty, cat, atom
China, catch
v vie, have
w wye, swine
hw why[4]
z zoo, has
ʒ equation, pleasure, vision, beige[5]
Konsonan marjinal
x ugh, loch, Chanukah[6]
ʔ uh-oh /ˈʌʔoʊ/
Vokal
IPA Vokal panuah ... diikuti R[7][8]
ɑː palm, father, bra ɑr start, bard, barn, snarl, star (also /ɑːr./)
ɒ lot, pod, John[9] ɒr moral, forage
æ trap, pad, shall, ban ær barrow, marry[10]
price, ride, file, fine, pie[11] aɪər Ireland, sapphire (/aɪr./)[8]
mouth, loud, foul, down, how aʊər hour (/aʊr./)[8]
ɛ dress, bed, fell, men[12] ɛr error, merry[12]
face, made, fail, vein, pay ɛər square, scared, scarce, cairn, Mary (/eɪr./)[13][8]
ɪ kit, lid, fill, bin ɪr mirror, Sirius
fleece, seed, feel, mean, sea ɪər near, beard, fierce, serious (/iːr./)
ɔː thought, Maud, dawn, fall, straw[14] ɔr north, born, war, Laura (/ɔːr./)
ɔɪ choice, void, foil, coin, boy ɔɪər loir, coir (/ɔɪr./)[8]
goat, code, foal, bone, go[15] ɔər force, boar, more, oral (/oʊr./)[16]
ʊ foot, good, full, woman ʊr courier
goose, food, fool, soon, chew, do ʊər boor, moor, tourist (/uːr./)[17]
juː cued, cute, mule, tune, queue, you[18] jʊər cure
ʌ strut, mud, dull, gun[19] ʌr borough, hurry
ɜr nurse, word, girl, fern, furry (/ɝː/)[20]
Potongan vokal
ə Rosa’s, a mission, comma ər letter, perform (juga /ɚ/)[20]
ɨ roses, emission[21] (baik ɪ atau ə) ən button
ɵ omission[22] (baik atau ə) əm rhythm
ʉ beautiful, curriculum ([jʉ])[23] (baik ʊ atau ə) əl bottle
i happy, serious[24] (baik ɪ atau ) ᵊ, ⁱ (vokal acok ditiadakan: nasturtium)
 
Penekanan Silabifikasi
IPA Contoh IPA Contoh
ˈ intonation /ˌɪntɵˈneɪʃən/,[25]
battleship /ˈbætəlʃɪp/[26]
. hire /ˈhaɪər/, higher /ˈhaɪ.ər/
moai /ˈmoʊ.aɪ/, Windhoek /ˈvɪnt.hʊk/
Vancouveria /væn.kuːˈvɪəriə/
Mikey /ˈmaɪki/, Myki /ˈmaɪ.kiː/[27]
ˌ
xcvbnm,.jk

Lihat pula[suntiang sumber]

Catatan kaki[suntiang sumber]

  1. Jika karakter ⟨ɡ⟩ dan ⟨⟩ tidak sama dan jika karakter pertama terlihat seperti ⟨γ⟩, maka Anda memiliki masalah pada fon baku Anda. Lihat Masalah pemunculan.
  2. Nilai IPA untuk huruf ⟨j⟩ kontra-intuitif bagi banyak penutur bahasa Inggris. Nilai ini muncul bersama suara ini di sejumlah kosa kata bahasa Inggris, seperti hallelujah dan Jägermeister.
  3. Meski simbol IPA [r] mewakili sebuah trill, /r/ lebih banyak dipakai alih-alih /ɹ/ pada transkripsi bahasa Inggris secara umum.
  4. /hw/ tidak berbeda dengan /w/ pada dialek dengan penggabungan wine–whine, seperti RP dan berbagai variasi GenAm.
  5. Sejumlah kosa kata bahasa Inggris, seperti genre dan garage, diucapkan dengan /ʒ/ atau /dʒ/.
  6. Pada kebanyakan dialek, /x/ diganti dengan /k/ di sebagian besar kata, termasuk loch. Pada ugh, nilai tersebut sering diganti dengan /ɡ/ (pengucapan pengejaan), dan pada Chanukah dengan /h/
  7. Pada aksen non-rotik seperti RP, /r/ tidak diucapkan kecuali diikuti oleh satu huruf vokal. Di sejumlah artikel Wikipedia, /ɪər/ dll. tidak berbeda dengan /ɪr/ etc. Ketika dibedakan, vokal panjangnya kadang ditranskripsikan menjadi /iːr/ dll. melalui analogi dengan vokal yang tidak diikuti oleh /r/. Ini perlu diperbaiki untuk disesuaikan dengan tabel di sini.
  8. a b c d e Ingat bahwa banyak penutur yang membedakan triftong monosilabel dengan R dan realisasi disilabik: hour /ˈaʊər/ dari plougher /ˈplaʊ.ər/, hire /ˈhaɪər/ dari higher /ˈhaɪ.ər/, loir /ˈlɔɪər/ dari employer /ɨmˈplɔɪ.ər/, mare /ˈmɛər/ dari player /ˈpleɪ.ər/.
  9. /ɒ/ tidak berbeda dengan /ɑː/ pada dialek dengan penggabungan father–bother seperti GenAm.
  10. Diucapkan sama seperti /ɛr/ pada aksen dengan penggabungan Mary–marry–merry.
  11. Many speakers, for example in most of Canada and much of the United States, have a different vowel in price and ride. Generally, an [aɪ] is used at the ends of words and before voiced sounds, as in ride, file, fine, pie, while an [ʌɪ] is used before voiceless sounds, as in price and write. Because /t/ and /d/ are often conflated in the middle of words in these dialects, derivatives of these words, such as rider and writer, may be distinguished only by their vowel: [ˈɹʷɾəɹ], [ˈɹʷʌɪɾəɹ]. However, even though the value of /aɪ/ is not predictable in some words, such as spider [ˈspʌɪɾəɹ],[rujuakan?] dictionaries do not generally record it, so it has not been allocated a separate transcription here.
  12. a b Transcribed as /e/ by many dictionaries.[1]
  13. Pronounced the same as /ɛr/ in accents with the Mary–marry–merry merger. Often transcribed as /eə/ by British dictionaries and as /er/ by American ones. The OED uses /ɛː/ for BrE and /ɛ(ə)r/ for AmE.[2]
  14. /ɔː/ is not distinguished from /ɒ/ (except before /r/) in dialects with the cot–caught merger such as some varieties of GenAm.
  15. Commonly transcribed /əʊ/ or /oː/.
  16. /ɔər/ is not distinguished from /ɔr/ in dialects with the horse–hoarse merger, which include most dialects of modern English.
  17. /ʊər/ is not distinguished from /ɔr/ in dialects with the pour–poor merger, including many younger speakers.
  18. In dialects with yod dropping, /juː/ is pronounced the same as /uː/ after coronal consonants (/t/, /d/, /s/, /z/, /n/, /θ/, and /l/) in the same syllable, so that dew /djuː/ is pronounced the same as do /duː/. In dialects with yod coalescence, /tj/, /dj/, /sj/ and /zj/ are pronounced /tʃ/, /dʒ/, /ʃ/ and /ʒ/, so that the first syllable in Tuesday is pronounced the same as choose.
  19. Fonem ini tidak dipakai pada aksen paruh utara Inggris, beberapa daerah perbatasan Wales, dan sejumlah wilayah di Irlandia timur. Kata-kata ini memakai vokal ʊ: tidak ada foot–strut split.
  20. a b Dalam sejumlah artikula /ɜr/ ditranskripsikan menjadi /ɝː/, dan /ər/ menjadi /ɚ/, ketika tidak diikuti oleh satu huruf vokal.
  21. Diucapkan [ə] pada dialek Australia dan banyak dialek AS, dan [ɪ] pada Pengucapan Resmi. Banyak penutur dengan bebas memilih antara potongan [ɪ̈] dan potongan [ə]. Banyak pakar fonetik (vd. Olive & Greenwood 1993:322) dan OED memakai simbol pseudo-IPA ɪ [3], dan Merriam–Webster memakai ə̇.
  22. Pronounced [ə] in many dialects, and [ɵw] or [əw] before another vowel, as in cooperate. Sometimes pronounced as a full /oʊ/, especially in careful speech. (Bolinger 1989) Usually transcribed as /ə(ʊ)/ (or similar ways of showing variation between /əʊ/ and /ə/) in British dictionaries.
  23. Diucapkan [ʊ] di berbagai dialek, [ə] pada dialek lain. Banyak penutur dengan bebas memilih antara potongan [ʊ̈] dan potongan [ə]. OED memakai simbol pseudo-IPA ʊ [4].
  24. Diucapkan /iː/ pada dialek-dialek dengan penekanan happy, /ɪ/ pada dialek lain. Konvensi Britania pernah mentranskripsikannya dengan /ɪ/, tetapi OED dan kamus-kamus berpengaruh lainnya belakangan ini menggunakan /i/.
  25. It is arguable that there is no phonemic distinction in English between primary and secondary stress (vd. Ladefoged 1993), but it is conventional to notate them as here.
  26. Full vowels following a stressed syllable, such as the ship in battleship, are marked with secondary stress in some dictionaries (Merriam-Webster), but not in others (the OED). Such syllables are not actually stressed.
  27. Syllables are indicated sparingly, where necessary to avoid confusion, for example to break up sequences of vowels (moai) or consonant clusters which an English speaker might misread as a digraph (Vancouveria, Windhoek).

Pranala luar[suntiang sumber]