Wikipedia:Kadai Kopi/Arsip/April 2023

Wikipedia Minangkabau - Lubuak aka tapian ilimu

Periode peninjauan komunitas atas metode ratifikasi Piagam Gerakan akan segera dimulai[suntiang sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Komite Perumus Piagam Gerakan (MCDC) akan mengajukan proposal mengenai metode ratifikasi Piagam Gerakan mulai tanggal 10 April 2023. Proposal ini dirancang berdasarkan proses ratifikasi lain yang telah berlangsung.

Periode permohonan pendapat kepada gerakan Wikimedia mengenai proposal metodologi ratifikasi Piagam Gerakan ini akan berlangsung dari tanggal 10 April hingga 28 April 2023. Anda dapat memberikan masukan pada halaman pembicaraan di Meta-wiki, pada Forum Strategi Gerakan, dan pada sesi forum diskusi terbuka komunitas. MCDC mengundang masukan Anda atas beberapa pertanyaan yang telah disiapkan.

Ikuti forum diskusi terbuka komunitas

MCDC mengundang semua anggota komunitas Wikimedia yang tertarik untuk memberi masukan atas proposal metodologi tersebut pada dua sesi forum diskusi terbuka berikut ini:

Apabila mendaftar, mohon tinggalkan pesan jika Anda membutuhkan dukungan bahasa. Harap dicatat bahwa dukungan penerjemahan akan disediakan jika sekurang-kurangnya terdapat 3 orang yang memerlukan penerjemahan dalam salah satu bahasa berikut ini: Arab, Mandarin, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Polandia, Portugis (dialek Brasil), Rusia, dan Spanyol.

Terima kasih,

Atas nama Komite Perumus Piagam Gerakan,

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 6 April 2023 22.42 (WIB)[balas]

Komite Pemilihan: Pendaftaran anggota baru dibuka[suntiang sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semuanya,

Komite Pemilihan Yayasan Wikimedia sedang mencari 2-4 anggota tambahan untuk membantu memfasilitasi proses pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia. Pendaftaran anggota dibuka hingga tanggal 24 April.

Pada saat ini, pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2024 sedang direncanakan. Anggota baru diundang untuk bergabung dengan Komite Pemilihan, yang bertugas untuk mengawasi proses pemilihan bagi kursi perwakilan komunitas pada Dewan Pengawas. Bergabunglah dengan komite ini dan sumbangkan keahlian dan ide Anda yang berharga untuk proses pemilihan Dewan Pengawas.

Terdapat delapan kursi yang dipilih oleh anggota komunitas pada Dewan Pengawas. Komunitas-komunitas Wikimedia memilih para calon yang berasal dari komunitas untuk menduduki kursi-kursi ini. Pada tahun 2024, Komite Pemilihan akan mengawasi proses pemilihan untuk kursi dari unsur komunitas yang masa jabatannya akan berakhir. Proses ini akan didukung oleh Yayasan Wikimedia.

Anggota Komite Pemilihan bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun dan akan diminta untuk menandatangani perjanjian kerahasiaan. Para anggota diharapkan untuk dapat menyumbang waktu selama 2-5 jam per minggu sebelum proses pemilihan dan selama 5-8 jam per minggu selama proses pemilihan.

Sebagai anggota Komite Pemilihan, Anda akan bertanggung jawab untuk:

  • Menghadiri rapat daring antara saat ini hingga pemilihan berikutnya (pertengahan tahun 2024)
  • Menghadiri orientasi dan pelatihan daring pada bulan Mei-Juni 2023
  • Bekerja sama dengan Komite untuk memenuhi tanggung jawab lainnya

Anggota baru harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Fasih dalam berbahasa Inggris
  • Cepat tanggap dalam bekerja sama melalui surat elektronik
  • Memiliki pengetahuan mengenai gerakan Wikimedia dan tata kelolanya

Jika Anda berminat untuk mendaftar, silakan kirimkan pencalonan Anda paling lambat pada tanggal 24 April 2023 pukul 23:59 pada halaman Meta-Wiki ini.

Anda dapat membaca pengumuman lengkapnya di sini. Terima kasih atas ketertarikan Anda. Jika Anda tidak tertarik tetapi mengenal seseorang yang mungkin tertarik, bagikan pesan ini kepada mereka. Tolong beritahu kami jika Anda memiliki sebarang pertanyaan.

Atas nama Komite Pemilihan,

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 12 April 2023 22.44 (WIB)[balas]

Undangan untuk memberi masukan tentang metode ratifikasi Piagam Gerakan[suntiang sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Komite Perumus Piagam Gerakan (MCDC) meminta masukan dari gerakan Wikimedia mengenai proposal metode ratifikasi Piagam Gerakan dari tanggal 10 hingga 28 April 2023. Sesuai dengan garis waktu yang telah dibuat, ratifikasi Piagam Gerakan akan berlangsung pada awal tahun 2024 .

Teradpan enam pertanyaan yang dapat Anda beri masukan. Silakan bagikan masukan Anda dengan cara:

Forum diskusi terbuka

MCDC mengundang semua yang tertarik untuk memberi masukan dengan bergabung pada salah satu dari dua sesi forum diskusi terbuka berikut ini:

Forum diskusi akan menggunakan bahasa Inggris. Harap beritahukan di sini jika Anda memerlukan dukungan penerjemahan bahasa. Harap dicatat bahwa dukungan ini hanya akan disediakan jika sekurang-kurangnya terdapat 3 orang yang memerlukan penerjemahan dalam salah satu bahasa berikut ini: Arab, Mandarin, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Polandia, Portugis (dialek Brasil), Rusia, dan Spanyol.

Atas nama Komite Perumus Piagam Gerakan,

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 14 April 2023 20.07 (WIB)[balas]

Wiki anda akan segara menjadi hanya baca.[suntiang sumber]

MediaWiki message delivery 21 April 2023 07.41 (WIB)[balas]

Rencana kerja tahunan Yayasan Wikimedia 2023-2024 dan sesi percakapan komunitas yang akan datang[suntiang sumber]

Bersama pesan ini, kami membagikan rancangan Rencana Kerja Yayasan Wikimedia untuk tahun fiskal yang akan datang dari bulan Juli 2023 hingga Juni 2024. Ringkasan rencana tahunan ini tersedia dalam berbagai bahasa.

Ringkasan dari Rencana Kerja Tahunan

Yayasan Wikimedia pada saat ini masih berada dalam masa transisi: dimulainya kepemimpinan baru tahun lalu, termasuk Direktur Eksekutif dan Direktur Produk dan Teknologi yang baru. Selain itu, kami telah berbincang dengan komunitas global Wikimedia mengenai berbagai isu penting, mulai dari perumusan Piagam Gerakan yang mendefinisikan peran dan tanggung jawab entitas gerakan Wikimedia di masa depan, hingga cara kami dalam menggalang sumber daya bersama melalui penggalangan dana. Rencana Kerja tahun ini berupaya memberikan kejelasan mengenai isu-isu strategis multi-tahun yang tidak memiliki solusi cepat, dan informasi yang lebih rinci tentang bagaimana Yayasan beroperasi.

Untuk tahun kedua berturut-turut, Yayasan Wikimedia akan mendasarkan rencana tahunannya pada strategi gerakan untuk memajukan kesetaraan. Tujuannya adalah untuk menghubungkan pekerjaan Yayasan lebih dalam lagi dengan rekomendasi Strategi Gerakan dalam rangka untuk mencapai kemajuan menuju Arah Strategis 2030. Tahun ini, Yayasan akan memusatkan rencana kerja di sekitar sektor produk dan teknologi, dengan menekankan peran unik kami sebagai pelantar bagi orang-orang dan komunitas untuk berkolaborasi dalam skala besar. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat menemukan informasi terperinci pada halaman Meta ini.

Berikan Pendapat Anda

Masukan Anda sangat kami hargai, baik melalui halaman diskusi di Meta maupun melalui diskusi di tempat Anda. Komentar dan pendapat Anda akan membantu menyempurnakan rancangan ini sebelum Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia akan mempertimbangkan rencana dan anggaran operasional pada pertemuan bulan Juni mendatang.

Sesi Percakapan Komunitas

Anda juga diundang untuk berpartisipasi dalam sesi percakapan virtual pada tanggal 30 April 2023 pukul 6 pagi UTC (periksa waktu setempat di sini), yang direncanakan untuk peserta dari zona waktu Asia Pasifik. Silakan lihat kalender Diff di sini. Wakil Direktur Eksekutif/Direktur Pengembangan Lisa Seitz Gruwell akan bergabung dalam panggilan ini untuk berbagi lebih banyak dan mendengar pendapat Anda. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut terkait sesi ini pada halaman kolaborasi ini di Meta. Kami nantikan kehadiran Anda!

VChang (WMF) and RamzyM (WMF) 24 April 2023 19.19 (WIB)[balas]

Seeking volunteers for the next step in the Universal Code of Conduct process[suntiang sumber]

Hello,

As follow-up to the message about the Universal Code of Conduct Enforcement Guidelines by Wikimedia Foundation Board of Trustees Vice Chair, Shani Evenstein Sigalov, I am reaching out about the next steps. I want to bring your attention to the next stage of the Universal Code of Conduct process, which is forming a building committee for the Universal Code of Conduct Coordinating Committee (U4C). I invite community members with experience and deep interest in community health and governance to nominate themselves to be part of the U4C building committee, which needs people who are:

  • Community members in good standing
  • Knowledgeable about movement community processes, such as, but not limited to, policy drafting, participatory decision making, and application of existing rules and policies on Wikimedia projects
  • Aware and appreciative of the diversity of the movement, such as, but not limited to, languages spoken, identity, geography, and project type
  • Committed to participate for the entire U4C Building Committee period from mid-May - December 2023
  • Comfortable with engaging in difficult, but productive conversations
  • Confidently able to communicate in English

The Building Committee shall consist of volunteer community members, affiliate board or staff, and Wikimedia Foundation staff.

The Universal Code of Conduct has been a process strengthened by the skills and knowledge of the community and I look forward to what the U4C Building Committee creates. If you are interested in joining the Building Committee, please either sign up on the Meta-Wiki page, or contact ucocproject(_AT_)wikimedia.org by May 12, 2023. Read more on Meta-Wiki.

Best regards,

Xeno (WMF) 27 April 2023 02.00 (WIB)[balas]