Wikipedia:Kadai Kopi/Arsip/April 2022

Wikipedia Minangkabau - Lubuak aka tapian ilimu



Ikuti perbincangan mengenai Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia bersama Maryana Iskander[suntiang sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Salam,

Tim Komunikasi Komunitas dan Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengundang Anda untuk membincangkan Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia 2022-23, yaitu rencana penyelenggaraan kerja Yayasan Wikimedia untuk masa kerja satu tahun ke depannya.

Perbincangan ini merupakan lanjutan dari "tur mendengar" Direktur Eksekutif Maryana Iskander.

Perbincangan ini akan membahas pertanyaan berikut ini:

  • Strategi Gerakan Wikimedia 2030 memandatkan "pengetahuan sebagai sebuah layanan" dan "keadilan pengetahuan" sebagai suatu arah. Yayasan Wikimedia merencanakan kerjanya untuk mencapai kedua arah tujuan ini. Menurut Anda, bagaimana Yayasan Wikimedia dapat menerapkan kedua arah ini dalam pekerjaannya?
  • Yayasan Wikimedia sedang terus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya di tingkat wilayah. Kami telah mempertajam fokus di bidang tertentu seperti hibah, fitur baru, dan perbincangan komunitas. Apa yang sudah bekerja dengan baik? Apa yang dapat diperbaiki?
  • Semua orang dapat berkontribusi dalam proses Strategi Gerakan. Mari kumpulkan kegiatan, gagasan, permintaan, dan hal yang dapat dipelajari. Bagaimana Yayasan Wikimedia dapat mendukung para sukarelawan dan organisasi mitra lokal dengan lebih baik dalam aktivitas terkait Strategi Gerakan?

Jadwal perbincangan terlampir di Meta-wiki.

Bahan perbincangan akan tersedia dalam beberapa bahasa. Setiap sesi perbincangan terbuka untuk umum. Penerjemahan langsung akan tersedia dalam beberapa sesi.

Salam hangat,

RamzyM (WMF) 14 April 2022 22.55 (WIB)[balas]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan - Edisi 6[suntiang sumber]

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan
Edisi 6, April 2022Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi keenam Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan! Nawala ini mengabarkan acara dan pembaruan terbaru mengenai Piagam Gerakan, Kode Etik Universal, Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan, pemilihan Dewan Pengawas WMF, dan topik MSG yang relevan lainnya.

Nawala ini akan terbit empat bulan sekali, sementara Berita Mingguan juga akan diterbitkan setiap pekan. Harap berlangganan di sini jika Anda berminat untuk mendapatkan kabar terbaru.

  • Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan - Pendaftaran untuk menjadi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan telah ditutup pada 10 April 2022. 12 orang anggota komunitas akan dipilih untuk berpartisipasi dalam kelompok kerja ini. (lanjutkan membaca)
  • Hasil ratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal - Pemungutan suara global tentang Pedoman Penegakan UCoC diadakan dari tanggal 7 hingga 21 Maret 2022 melalui SecurePoll. Lebih dari 2.300 pemilih yang memenuhi syarat dari setidaknya 128 proyek Wikimedia yang berbeda menyampaikan pendapat dan komentar mereka. (lanjutkan membaca)
  • Diskusi mengenai Hub - Percakapan Global tentang Hub wilayah dan tematik diadakan pada hari Sabtu, 12 Maret 2022, dihadiri oleh 84 orang Wikimedian. (lanjutkan membaca)
  • Hibah Strategi Gerakan masih dibuka - Sejak awal tahun ini, enam proposal dengan nilai total sekitar $80.000 USD telah disetujui. Apakah Anda memiliki ide proyek untuk melaksanakan Strategi Gerakan? Hubungi kami! (lanjutkan membaca)
  • Komite Perumus Piagam Gerakan - Komite yang beranggotakan lima belas orang yang dipilih pada Oktober 2021 ini telah menyepakati nilai-nilai dan metode-metode penting untuk proses kerjanya, dan telah mulai membuat garis besar rancangan Piagam Gerakan. (lanjutkan membaca)
  • Memperkenalkan Berita Mingguan Strategi - Mari berkontribusi dan berlangganan! - Tim MSG baru saja meluncurkan format berita yang terhubung ke berbagai halaman Strategi Gerakan di Meta-wiki. Mari berlangganan mendapatkan berita terbaru tentang berbagai proyek yang sedang berlangsung. (lanjutkan membaca)
  • Blog Diff - Lihat publikasi terbaru tentang Strategi Gerakan di blog Diff. (lanjutkan membaca)

RamzyM (WMF) 16 April 2022 13.44 (WIB)[balas]

Langkah selanjuntya mengenai Kode Etik Universal dan Pedoman Penegakannya[suntiang sumber]

Komite Urusan Komunitas Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua orang yang telah berpartisipasi dalam pemungutan suara global mengenai Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC).

Sukarelawan pengawas telah menyelesaikan peninjauan atas hasil pemungutan suara dan melaporkan total suara yang masuk sebanyak 2,283 suara. Dari jumlah tersebut, total 1,338 (58.6%) anggota komunitas mendukung pengesahan Pedoman Penegakan, dan 945 (41.4%) menolak. Selain itu, 658 pemilih memberikan komentarnya, dengan 77% dari komentar yang masuk ditulis dalam bahasa Inggris.

Kami menyadari dan menghargai semangat dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh anggota komunitas dalam menciptakan budaya yang aman dan ramah yang menghentikan perilaku yang bermusuhan dan beracun, mendukung orang-orang yang menjadi sasaran perilaku tersebut, dan mendorong orang-orang yang beritikad baik untuk berkontribusi secara produktif dalam proyek-proyek Wikimedia.

Bahkan dalam tahap ini, hal tersebut dapat dilihat dari komentar-komentar yang masuk. Pedoman Penegakan mencapai ambang batas dukungan yang diperlukan untuk ditinjau oleh Dewan Pengawas. Namun begitu, kami mendorong semua pemilih, terlepas dari apa yang mereka pilih, untuk memberikan masukan tentang elemen pedoman penegakan yang mereka rasa perlu diubah atau diperbaiki, beserta alasannya, jika pada akhirnya nanti diperlukan suatu periode revisi yang lebih lanjut untuk mengatasi hal-hal yang menjadi perhatian khusus dari komunitas.

Staf WMF yang bertugas meninjau komentar telah memberi tahu kami tentang beberapa tema yang muncul dari komentar yang masuk. Oleh karena itu, kami sebagai Komite Urusan Komunitas telah memutuskan untuk meminta WMF agar membentuk kembali suatu Komite Perumus dan mengadakan satu periode permohonan pendapat dari komunitas lagi menyempurnakan Pedoman Penegakan berdasarkan masukan yang diterima dari pemungutan suara yang baru saja selesai.

Untuk kejelasan, masukan-masukan ini telah dikelompokkan menjadi 4 bagian sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi jenis, tujuan, dan penerapan pelatihan;
  2. Menyederhanakan bahasa untuk terjemahan dan pemahaman yang lebih mudah oleh mereka yang bukan ahli;
  3. Menggali lebih dalam mengenai konsep afirmasi, termasuk pro dan kontranya;
  4. Untuk meninjau peran yang bertentangan mengenai privasi/perlindungan korban dan hak untuk didengar.

Isu-isu lain mungkin muncul selama percakapan berlangsung, dan khususnya ketika rancangan Pedoman Penegakan berkembang, tetapi kami melihat empat hal di atas sebagai isu-isu yang menjadi perhatian utama bagi para pemilih dan meminta staf untuk memfasilitasi peninjauan terhadap isu-isu ini. Setelah itu, WMF harus menjalankan kembali pemungutan suara komunitas untuk mengevaluasi Pedoman Penegakan yang telah direvisi untuk melihat apakah dokumen baru tersebut kemudian sudah siap untuk ratifikasi secara resmi.

Selanjutnya, kami menyadari kekhawatiran dengan catatan 3.1 dalam naskah kebijakan Kode Etik Universal. Kami mengarahkan WMF untuk memfasilitasi peninjauan atas bahasa yang digunakan pada bagian ini untuk memastikan bahwa naskah kebijakan UCoC akan memenuhi tujuan yang dimaksudkan untuk mendukung suatu komunitas yang aman dan inklusif, tanpa menunggu tinjauan menyeluruh atas UCoC pada akhir tahun.

Sekali lagi, kami berterima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam memikirkan dan memecahkan tantangan yang kritis dan sulit ini, serta berkontribusi untuk menciptakan pendekatan yang lebih baik demi terwujudnya kerja sama yang baik dalam gerakan Wikimedia.

Teriring salam,

Rosie

Rosie Stephenson-Goodknight (she/her)
Pelaksana Tugas Ketua, Komite Urusan Komunitas
Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 25 April 2022 09.39 (WIB)[balas]

Pendaftaran calon untuk pemilihan anggota Dewan Pengawas 2022 telah dibuka[suntiang sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia membuka pendaftaran calon anggota untuk pemilihan tahun 2022. Baca pengumuman selengkapnya di Meta-wiki.

Pemilihan Dewan Pengawas 2022 telah dimulai! Anda diundang untuk mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Pengawas selanjutnya.

Dewan Pengawas bertugas untuk mengawasi jalannya Yayasan Wikimedia. Para anggota Dewan dipilih dari unsur komunitas dan mitra lokal serta unsur yang diangkat oleh Dewan sendiri. Setiap anggota bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun. Komunitas Wikimedia berhak untuk memilih para anggota Dewan dari unsur komunitas dan mitra lokal.

Komunitas Wikimedia akan memberikan suara untuk mengisi dua kursi di Dewan pada tahun 2022. Pemungutan suara ini adalah kesempatan untuk meningkatkan keterwakilan, keragaman, dan keahlian para anggota Dewan secara kolektif.

Siapa sajakan calon yang berpotensi? Apakah Anda salah satunya? Cari tahu lebih lanjut di halaman Pendaftaran Calon.

Atas dukungan Anda, kami ucapkan terima kasih.

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 25 April 2022 22.47 (WIB)[balas]

Mari berdiskusi bersama kami perihal Peningkatan Desktop[suntiang sumber]

Halo!

Apakah Anda menyadari bahwa beberapa wiki memiliki tampilan yang berbeda? Ingin tahu bagaimana tahapan selanjutnya? Mungkin Anda memiliki pertanyaan atau ide untuk menjadikannya lebih baik?

Mari berdiskusi bersama dengan kami, tim yang mengerjakan proyek Peningkatan Desktop, melalui pertemuan secara daring (online)! Pertemuan ini akan berlangsung pada tanggal 29 April 2022 pukul 13:00 UTC dan 18:00 UTC melalui aplikasi Zoom. Klik di sini untuk bergabung. Meeting ID: 88045453898 Panggil berdasarkan lokasi Anda.

Agenda

  • Menyampaikan informasi terkini perihal perkembangan proyek
  • Tanya jawab dan diskusi

Format

Pertemuan ini tidak akan direkam atau disiarkan. Namun, catatan dari pertemuan ini akan disimpan dalam berkas Google Documents agar bisa diakses kapan saja. Manajer Produk kami yakni Olga Vasileva akan membawakan pertemuan ini. Presentasi akan dibawakan dalam bahasa Inggris.

Terlepas dari presentasi yang menggunakan bahasa Inggris, Anda dapat mengajukan pertanyaan dalam bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, Italia, dan Polandia. Apabila Anda ingin mengajukan pertanyaan sebelum sesi pertemuan berlangsung, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui halaman pembicaraan atau melalui surel ke sgrabarczuk@wikimedia.org.

Pada pertemuan ini, aturan mengenai kebijakan ruang ramah dan kode etik mutlak berlaku. Sementara itu, Zoom tidak termasuk dalam kebijakan privasi WMF.

Kami harapkan kedatangan Anda! SGrabarczuk (WMF) (bicara) 27 April 2022 21.41 (WIB)[balas]

Coming soon: Improvements for templates[suntiang sumber]

-- Johanna Strodt (WMDE) 29 April 2022 18.13 (WIB)[balas]