Pangguno:Uni Riska/bak kasiak

Wikipedia Minangkabau - Lubuak aka tapian ilimu
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Artikel saraswati bulan Januari 2020

  1. Burkhan Khaldun
  2. Hendri Saputra
  3. Muhammad Rafli
  4. Implan gigi
  5. Neuroblastoma
  6. Masita Mahmudin = oke
  7. Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa


Burkhan Khaldun dikaitkan dengan Chinggis Khan, sebagai situs pemakaman terkenal dan lebih luas dengan berdirinya Kekaisaran Mongol pada 1206. Ini adalah salah satu dari empat gunung suci yang ditunjuk selama hidupnya, sebagai bagian dari status resmi yang ia berikan kepada tradisi penyembahan gunung, berdasarkan tradisi Shamanic berdiri lama yang terkait dengan bangsa nomaden. Tradisi penyembahan Gunung menurun karena Buddhisme diadopsi pada akhir abad ke-15 dan tampaknya tidak adanya kesinambungan tradisi dan Asosiasi sesudahnya. Sejak tahun 1990-an, kebangkitan ibadah Gunung telah didorong dan ritual seorang tua sedang dihidupkan kembali dan terintegrasi dengan ritual Buddhis. Perayaan yang disponsori negara sekarang terjadi di Gunung setiap musim panas di sekitar sungai dan tiga batu ovoo-s (atau Rock Cairns)

Gunung besar Burkhan Khaldun dan pemandangan sekitarnya yang sakral, sebagai gunung suci, berada di pusat peristiwa yang sangat mengubah Asia dan Eropa antara 12 dan 14 dan abad dan memiliki hubungan langsung dengan Chinggis Khan dan formal pengakuan atas penyembahan gunung.

gunung suci Burkhan Khaldun mencerminkan Formalisasi pemujaan Gunung oleh Chinggis Khan, sebuah faktor kunci dalam keberhasilannya dalam mempersatukan bangsa Mongol selama penciptaan Kekaisaran Mongolia, sebuah peristiwa signifikansi sejarah yang vital bagi Sejarah Asia dan dunia.[1]


Rujuakan[suntiang | suntiang sumber]

  1. Centre, UNESCO World Heritage. "Great Burkhan Khaldun Mountain and its surrounding sacred landscape" (dalam bahaso en). https://whc.unesco.org/en/list/1440/. Diakses pado 15 Januari 2020.