Pangguno:Adryuli

Wikipedia Minangkabau - Lubuak aka tapian ilimu

Pinungkuik Batang Kapeh, Pesisir Selatan  

Dikabupaten Pesisir Selatan, Kecamatan Batang Kapas, ada suatu tempat yang berada dijalan raya dekat pasar kuok, yang merupakan tempat sebuah kedai yang makanannya disebut pinukuik. Tak jarang lagi bagi orang minang mendengar makanan khas itu. Pinukuik sangat mirip dengan serabi bandung, yang rasanya pun juga sama. Pinukuik juga termasuk sangat lama dikenal bagi masyarakat minang termasuk daerah Batang Kapas.

Pinukuik adalah sejenis makanan ringan, yang bentuknya bulat pipih dengan warna putih agak kecoklatan. Terbuat dari beras dicampur dan direndam dalam air. Dalam pengolahan, pinukuik dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti minyak dan rempah rempah alami untuk bumbunya. Dan pinukuik dimasak menggunakan cetakan dengan bahan bakat berupa sabut (sabuik) dari kelapa. Bahan bahan yang digunakan dalam memasak pinukuik berupa tepung beras, tapai singkong, gula, garam, kelapa parut, dan air.[1]

Pinukuik batang kapeh sering dijadikan sebagai oleh oleh bagi masyarakat minang yang merantau kepulau jawa. Dengan lokasinya cukup strategis yaitu jalur  lintas padang bengkulu pulau jawa yang membuat pelanggan pinukuik selalu ramai setiap harinya. Mereka sengaja mampir untuk membeli pinukuik yang dijadikannya  buah tangan sesampainya dirantau. Makanan pinukuik sangat strategis bagi masyarakat minangkabau yang rasanya sangat enak dimakan.  

Rujukan:[suntiang | suntiang sumber]

Pangguno iko adolah paserta Wiki Masuk Kampus  di Universitas Andalas Padang kelas Filologi A.
  1. Sutan Mudo, Andy (23 April 2013). "Pinukuik Batang Kapeh, Pesisir Selatan". Universitas Andalas.