Pabedaan antaro revisi dari "Wikipedia:Bagian pambukak"

Wikipedia Minangkabau - Lubuak aka tapian ilimu
Konten dihapus Konten ditambahkan
←Membuat halaman berisi '<!--{{pedoman}}--> '''Bagian pembuka''', '''paragraf pembuka''', atau '''pengantar''' suatu artikel Wikipedia adalah bagian sebelum subjudul pertama...'
 
Tidak ada ringkasan suntingan
Barih 1: Barih 1:
<!--{{pedoman}}-->
<!--{{pedoman}}-->
'''Bagian pembuka''', '''paragraf pembuka''', atau '''pengantar''' suatu artikel Wikipedia adalah [[Bantuan:bagian|bagian]] sebelum subjudul pertama. [[Bantuan:Daftar isi|Daftar isi]], jika ditampilkan, secara ''default'' akan muncul di antara bagian pembukaan dan subjudul pertama.
'''Bagian pambuko''' atau '''paragraf pambuko''' suatu artikel Wikipedia adolah [[Bantuan:Bagian|bagian]] sabalun subjudua patamo. Kok ditampilan [[Bantuan:Dafta isi|dafta isi]] artikel, inyo sacaro ''default'' ka kalua di antaro bagian pambukoan jo subjudua patamo.


=== Cakupan definisi dan isi artikel ===
=== Cakupan definisi dan isi artikel ===

Revisi pado 19 Pebruari 2013 00.41

Bagian pambuko atau paragraf pambuko suatu artikel Wikipedia adolah bagian sabalun subjudua patamo. Kok ditampilan dafta isi artikel, inyo sacaro default ka kalua di antaro bagian pambukoan jo subjudua patamo.

Cakupan definisi dan isi artikel

Di Wikipedia, paragraf pertama umumnya merupakan definisi dari judul artikel. Dalam menulis definisi atau isi dari suatu artikel yang bersifat global (topik yang dibahas terdapat juga di negara atau wilayah lain), maka tulislah isi dan definisi pertama kali secara global, barulah menulis definisi atau isi artikel di negara atau wilayah tertentu di bagian tersendiri. Wikipedia bahasa Indonesia bukanlah Wikipedia milik (negara) Indonesia, sehingga definisi atau isinya tidak boleh berdasarkan ketentuan yang berlaku di Indonesia saja. Apabila Anda berniat menulis isi tentang suatu artikel tetapi cakupannya hanya di negara tertentu atau wilayah tertentu (misalnya Indonesia), ubahlah judulnya misalnya dari "Koperasi" menjadi "Koperasi di Indonesia" atau dari "Perikanan" menjadi "Perikanan di Indonesia".

Contoh yang salah dari artikel Nelayan:

Nelayan menurut Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 adalah orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan.

Contoh yang benar dari artikel Nelayan:

Nelayan adalah orang yang beraktivitas dalam penangkapan ikan.
Keterangan: Paragraf pertama yang merupakan definisi dari artikel Nelayan harusnya merupakan definisi nelayan secara global. Definisi nelayan menurut Undang-Undang di Indonesia harus ditulis di sub bagian tersendiri.

Templat terkait

Templat yang digunakan untuk menandai artikel-artikel yang tidak memiliki bagian pembuka yang jelas: {{paragraf pembuka}}